Sabtu, 29 Juni 2013

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Juni 2013



Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Juni 2013 :

Anda sekalian tentunya mengenal Master Ding Hong yang ikut denganku, saya mengenal dirinya ketika dia sedang kuliah di Amerika, universitas Texas. Setelah menamatkan kuliahnya dia menjadi dosen di universitas tersebut, sebagai staf pengajar dan memperoleh prestasi yang paling tinggi. Ketika saya berimigrasi ke Australia, saya memiliki hubungan khusus dengan universitas di Australia. Saya menyarankan Zong Mao-sheng (nama Master Ding Hong ketika masih menjadi umat awam), apakah dia berminat pindah ke Australia, dan menjadi dosen di universitas Australia. Segera dia menyetujuinya, di Australia dia diundang menduduki posisi sebagai asisten Guru Besar.  Setelah mengajar selama 2 tahun kemudian dia diangkat menjadi Guru Besar, Guru Besar Tetap, ini bukan mudah diperoleh. Dokumen resmi belum dikeluarkan, namun dia telah mengikuti saya menjadi Bhiksu. Karena itu Rektor universitas di sana , yang juga kenal baik dengan diriku, kami adalah teman lama, dia berkomentar kekuatan apa yang anda miliki, orang itu adalah Guru Besar Tetap, tidak mudah diperoleh, mana mungkin mau mengikutimu menjadi seorang Bhiksu? Namun kemudian dia bersedia menjadi seorang Bhiksu dan menekuni bidang ajaran, melihat karir yang saya tempuh, dia begitu mengkaguminya. Setelah saya bertemu dengan Master Guo Qing, saya mengutusnya untuk mengikuti Master Guo Qing mempelajari sila. Dia akan belajar sila selama 5 tahun, kelak keberhasilannya akan melampaui diriku; andaikata dia tidak mau belajar sila selama 5 tahun, walaupun pintar berceramah, namun hanya satu kalimat kritikan bahwa anda tidak pernah belajar sila, maka kalimat ini akan menjatuhkan dirimu. Maka itu saya menasehatinya untuk harus mempelajari sila, dengan menuruti peraturan yang benar membangkitkan ajaran Buddha, membawa ke arah yang lebih baik.

  

你們大家知道定弘跟著我,我認識他,他是在美國留學,在德州大學讀書的時候認識的。畢業之後就留在學校教書,講師,在講師裡面升到最高的階位。我移民到澳洲,我跟澳洲學校往來很密切,他學佛,我就勸他,要不要到澳洲來,到澳洲大學教書?很快就聯繫上,澳洲聘請他做副教授。教了兩年升正教授,終身教授,這是很不容易拿到。正式文件還沒有發表,他就跟我出家了。所以他們學校的校長,校長跟我很熟,都是老朋友,他說你有什麼力量,人家是終身教授,不容易拿到,怎麼跟你出家?他出家發心學教,看我走的這個路子,他很羨慕。果清法師遇到之後,我就把他送到果清那裡學戒律。學五年戒律,將來你的成就會超過我;你要不學五年戒律,講得再好,說沒有學過戒的,一句話就把你擋掉了。我說你必須要學戒律,規規矩矩把佛教帶起來,復興起來。



二零一二淨土大經科註  (第三三九集)  2013/6/21