Kamis, 12 September 2013

Ksatria Berperisai




Ksatria Berperisai

Ada sekelompok “bodhisattva” yang mengatakan andaikata praktisi pelafal Amituofo pergi mencapai KeBuddhaan, siapa lagi yang akan menolong para makhluk? Maka itu mereka menyimpulkan bahwa praktisi pelafal Amituofo itu tidak bermaitri karuna, sendirian lari ke Alam Sukhavati, padahal di dunia ini masih banyak makhluk yang kesusahan, kalian malah tak peduli.

Sesungguhnya pandangan mereka itu sangat salah, ketahuilah bahwa Bodhisattva membangkitkan tekad dengan tujuan ke atas mencapai KeBuddhaan dan ke bawah menyelamatkan para makhluk.

Dalam satu kelahiran mencapai KeBuddhaan, menyempurnakan karir melatih diri, sementara di dunia ini menuruti jodoh mengajari para makhluk adalah tekad agung para Bodhisattva dalam menyelamatkan semua makhluk.

Maka itu jika ingin membantu lebih banyak makhluk yang kesusahan, seharusnya bagaimana?  Buddha memberitahukan kita, cara yang paling baik adalah bertekad lahir ke Alam Sukhavati, sampai di Alam Sukhavati telah memperoleh jaminan keselamatan, sehingga ketika kita kembali ke alam saha untuk mengajari para makhluk, jika bertemu hambatan, kita takkan goyah dan tersesat.   

Mereka para ksatria yang mengenakan perisai, perisai di sini adalah pelindung keselamatan, sehingga mereka dapat kembali ke alam saha tanpa gentar.  Bodhisattva Alam Sukhavati masuk ke dalam lautan tumimbal lahir untuk menyelamatkan para makhluk, gigih tanpa gentar, karena mereka telah mengenakan perisai, Dia memiliki pelindung yang baik, sedangkan diri kita, begitu masuk ke dalam lautan tumimbal lahir langsung dihanyutkan ombak sampai hilang tak berjejak.    


Petikan Ceramah Master Ren Shan
Judul : 48 Tekad Buddha Amitabha
9 September 2007





有一类发心的菩萨,说了你们都去成佛了,这众生谁来度啊,所以说这个念佛人不慈悲都跑到极乐世界去了,这边还有很多的苦难众生你们都不管了,不是不管了,因为有人管,所以念佛人不用管,而事实上不是真的不管。菩萨发心,都是上求佛道,下化众生,这是两个方面,前面保证一生成佛,就是一生上求佛道的这个学业能圆满,这个地方呢教化随意,是圆满菩萨普度众生的大愿。这里面不矛盾,是一体的两面,如果想要发心帮助更多的苦难众生,应该怎么办呢?佛告诉我们,对我们来说,最好先求生净土,到极乐世界有一个保证,再回娑婆世界乃至十方世界教化众生,就象此地说的,可以无所畏惧了,有能力了,现在我们要想度众生,还真的有点困难,不要被众生度跑就不容易了。的确是这样,你看此地所说的这些条件,我们是否都能够具备啊。披弘誓铠,就是乘愿再来,度众生是靠坚强的大愿做动力的,弘誓铠,这铠就是铠甲,就是现在这个战士穿的防弹衣,冲锋陷阵,无所畏惧,靠的是什么?有装甲部队。菩萨入生死海中,利益众生无所畏惧,他穿了防弹衣,他有很好的保护,而我们呢,一入生死海就被打得溃不成军,全军伏没,甚至人都找不到了。

       
   摘自:

(仁山法师讲于新加坡南海普陀山)
公元二千零七年九月九日
第七集