Kamis, 12 September 2013

Foto Cahaya Buddha



Foto Cahaya Buddha

Kita sering menjumpai para praktisi yang berhasil memfoto cahaya Buddha. Beberapa hari yang lalu ada seorang praktisi memperlihatkan pada saya hasil fotonya yang di dalamnya ada cahaya Buddha, maka itu pada kesempatan ini saya harus menjelaskan pada anda semuanya.

Setelah melihat foto hasil jepretnya, saya bertanya padanya : “Anda ingin saya berkata jujur atau tidak. Jika harus berkata jujur, maka saya katakan ini cuma hal biasa saja, lagipula banyak orang yang setiap saat membawa kamera, misalnya anda memfoto dari dalam mobil, cahaya lampu kamera akan mengenai kaca mobil dan memberi pantulan, bukankah hasil foto anda nanti setiap lembarnya ada cahayanya?”  

 Atau saat memfoto, kamera anda berhadapan dengan mentari, pelangi yang indah, bukankah setiap lembarnya juga akan ada cahayanya, dan andaikata anda memfoto di saat mendung, hujan dan petir, hasil fotonya juga sedemikian. Ini adalah ucapanku yang sejujurnya.

Namun jika anda ingin mendengar kata-kata muluk, maka saya akan berkata : “Wah anda hebat sekali telah melihat cahaya Buddha, ini amat langka”.

Tentu saja kita juga tidak memungkiri bahwa memang ada juga yang berhasil memfoto cahaya Buddha, ini memang ada, saya juga pernah memfotonya, tapi  dalam Ajaran Buddha, ini merupakan hal yang amat biasa, Buddha berkata bahwa segala yang memiliki rupa itu adalah palsu. Tak perlu ditaruh di hati!  

Jadi ini merupakan hal yang biasa, tak perlu melekat padanya. Jika bertemu dengan kejadian-kejadian, tak peduli ini adalah gejala biasa atau istimewa, maka ketahuilah, jangan melekat padanya, jika melekat maka akan menjadi hambatan bagi kemajuan batin kita.


Petikan Ceramah Master Ren Shan
Judul : 48 Tekad Buddha Amitabha
9 September 2007




我们常常遇到有学佛同修拍到佛光。前几天有同修拿到他们拍到的佛光说要跟大家解释一下,我看到之后我就问,我说你想听真话还是假话,真话是什么呢,真话这些很平常,而且有很多时候,很多人拿摄相机,你譬如从车窗往外面拍,这个闪光灯打在玻璃上反光,每一张都有佛光,这是真话,然后或者对着夕阳照出来的,云彩很漂亮,每一张也都是佛光,还有阴天下雨的时候打雷闪电,拍出来也有这个效果,这是真话。假话是什么呢,你太了不起了,你能见到佛光,稀有瑞相,当然我们不能排除有一些是真的拍到稀有瑞相,这是有的,我还曾经拍过,但是我们在佛经里面看到这些现象是很平常,佛说的明白,凡所有相皆是虚妄,没有必要放在心上,如果想拍,往生的时候带个相机,到极乐世界有的是,拼着拍,这是很平常的事情嘛,这没有必要那么样执着。见到这些不管是自然现象还是稀有瑞相,都知道,这些对我们来说都可以当作是一种境界,不要执着就是好境界,执着就变成障碍。



摘自:

(仁山法师讲于新加坡南海普陀山)
公元二千零七年九月九日
第七集