Selasa, 10 September 2013

Kemampuan Gaib



Kemampuan Gaib

Di dalam sutra tertera, kemampuan gaib tidak dapat menaklukkan kekuatan karma, berapapun besarnya kemampuan gaib yang dimiliki, takkan mampu menaklukkan kekuatan karma. Yang Ariya Maudgalyayana terkenal memiliki kemampuan gaib terunggul, Arahat Besar, namun ketika ajalnya tiba, saat kekuatan karma muncul, kemampuan gaibnya tidak mampu berfungsi.

Yang Ariya Maudgalyayana meninggal dunia karena dibunuh oleh para penganut aliran sesat. Mengapa siswa utama dengan kemampuan gaib terunggul dapat dibunuh? Ya, ketika dipukul orang, beliau berniat memasuki samadhi untuk mengeluarkan kemampuan gaibnya, namun sayangnya tidak dapat berfungsi, kekuatan karma yang muncul, karena pada masa kehidupan lampaunya, beliau pernah memukul orang.

Maka itu tidak boleh beranggapan bahwa karena saya memiliki kemampuan gaib maka ketika dipukul orang, saya segera dapat melarikan diri, ini tidak mungkin, ketika kekuatan karma muncul, kemampuan gaib akan hilang untuk sementara waktu. Setelah pemukulan selesai, kemampuan gaibnya baru berfungsi kembali, menampilkan memasuki Parinirvana, menampilkan kemampuan gaib yang agung.

Dapat kita lihat bahwa terhadap praktisi yang melatih diri dengan benar, kemampuan gaib bukanlah tujuan utama kita, apalagi pada jaman berakhirnya Dharma ini. Walaupun dalam melafal Amituofo tidak ditujukan untuk mencapai kondisi batin yang istimewa, namun banyak praktisi yang tidak tulus dalam melafal Amituofo, tiap hari mengharapkan kemampuan gaib dan mukjizat.

Dengan adanya pemikiran demikian maka akan mengundang datangnya rintangan, seperti kita sering mendengar adanya kabar di tempat mana ada praktisi yang kerasukan Mara, kerasukan rintangan Mara, darimana datangnya rintangan Mara, bukanlah tanpa sebab.

Yang pertama adalah niat pikiran yang tidak benar, barulah bisa mengundang munculnya banyak rintangan Mara, dan sebab utama yang paling sering mengundang munculnya rintangan Mara adalah suka pada kemampuan gaib dan mukjizat, sehingga para musuh kerabat penagih hutang, baru memiliki kesempatan untuk masuk.

Jika anda adalah seorang praktisi pelafal Amituofo, namun anda tidak baik-baik melafal Amituofo, malah siang malam memikirkan ingin melihat rupa Buddha Amitabha seperti apa, jika anda berpikir demikian, lama kelamaan walaupun pelatihan diri anda belum mencapai tingkatan apapun, tiba-tiba suatu hari anda melihat Buddha Amitabha, sejak itu Dia tiap hari mengikuti anda.   

Walaupun ada teori yang mengatakan bahwa praktisi pelafal Amituofo senantiasa dilindungi oleh para dewa pelindung Dharma, namun masalahnya adalah “apakah anda adalah praktisi tulen?”. Anda tidak sungguh-sungguh melafal Amituofo dengan tulus, pikiran ditujukan memikirkan hal-hal lainnya.

Praktisi yang melafal Amituofo dengan tulus ketika pikirannya telah suci, tingkatan kesucian akan muncul dengan sendirinya, namun semua kondisi batin yang muncul tak perlu dipedulikan. Jangan menganggap kondisi yang muncul itu adalah sesuatu yang luar biasa, misalnya ketika sedang melafal Amituofo tiba-tiba melihat bunga teratai muncul dan anda merasa sangat kegirangan dan membanggakan diri di hadapan praktisi lainnya.  Sesungguhnya ini adalah hal yang celaka karena kondisi maya ini muncul dan pikiran anda tidak suci lagi.

Maka itu tak peduli kondisi batin apapun yang muncul ketika sedang melatih diri, tak perlu dipedulikan. Para Bodhisattva Alam Sukhavati dilengkapi dengan kemampuan gaib sempurna adalah untuk memudahkan Mereka dalam misi menyebarkan Buddha Dharma dan memberi manfaat bagi semua makhluk, bukan untuk dipamerkan.


Petikan Ceramah Master Ren Shan
Judul : 48 Tekad Buddha Amitabha
Tahun : 2007
  



那么经上又说,神通不敌业力,再大的神通,敌不过业力,那么最有名的就是目犍连尊者神通第一,大阿罗汉,结果怎样呢,业力现前的时候神通失灵了。目连尊者,离开世间的因缘,是被外道打死的。这么想,这么大神通的上首弟子,怎么会被人打呢?是的,被人打的时候,他想入定示现神道,可是不起作用,业力现前,因为他前生打过别人,不可以说我有神通了你来打我我就跑,没有的,业力现前,神通暂时失去作用,打完了之后,神通还是照常恢复,示现入般涅槃,示现大神通。可见得,对于真正学佛修道人来说,神通不是我们首先要考虑的学科,尤其在末法时期,念佛虽然没什么特别的境界。可是也有不少念佛的同修不老实念佛,天天希求神通感应,这就难了。有这一种心理往往会会招来意外的障碍,所以才会常常听到某个地方某某人学佛着了魔,着了魔障,魔障哪来的,不是无缘无故的。首先是自己的心念不正,然后才招这些魔境现前,而多半招来魔境的原因就是因为喜欢神通感应,于是这一些冤家债主才会趁机而入。你譬如念佛的人佛不好好念,一天到晚想着我很想见阿弥陀佛长什么样,你这么想,想久了虽然没什么功夫,忽然有一天你见到一个阿弥陀佛,从此以后,他还天天跟着你,是有这样的情况。那有人说,念佛人不是有这个护法神保护吗,这话一点不假,问题是你不是真念佛人,因为你没有好好念,只在胡思乱想。真正念佛人念到心清净了,自然有这些境界,虽然有,佛也有交待,这些境界现前,一概不予理会,哪怕就是佛境界现前了,佛也交待,不作圣心,名善境界。你不要认为,这是什么了不起的境界,你可不要,今天念佛的时候念啊,哎呀,我见到莲花了,马上到处跟宣传,你知道吗我见到极乐世界莲花了,完了,因为这个境界出现,你的心无法清净,反而害了自己。所以无论什么境界现前,心境如如不动,那么这个境界就是好境界,这是说我们应该以什么心态来对待这一桩事情,极乐世界的菩萨具备这一种神通能力是为了更好的去弘法利生,而不是用来炫耀的。

摘自:
阿弥陀佛四十八愿
(仁山法师讲于新加坡南海普陀山)
公元二千零七年九月四日
第三集