Selasa, 21 Januari 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Desember 2013



Pada masa dulu harga barang masih layak, si pedagang masih punya etika moral, walaupun untung sedikit hanya sepersepuluh saja, ini merupakan pedagang yang beretika moral. Andaikata seorang pedagang ingin meraih keuntungan, maka asalkan untung sedikit, dapat menghidupi keluarga, dapat mengembangkan usaha, maka ini sudah cukup, jangan menjadi orang kaya baru.

Dengan mengambil keuntungan sepuluh atau seratus kali lipat, ini sungguh keterlaluan. Dengan meraup keuntungan hanya sepersepuluh saja, ini disebut Bodhisattva Pebisnis. Apakah dia dapat kaya? Pasti bisa. Mengapa demikian? Untung sedikit tapi perputaran modalnya cepat, maka dia bisa cepat kaya.

Menggunakan kekayaan untuk memberi manfaat bagi masyarakat dan orang banyak, ini juga akan memberi manfaat pada diri sendiri, inilah etika moral bagi seorang pedagang, jika sebaliknya anda bertindak keterlaluan maka para dewa juga takkan memaklumi dirimu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Desember 2013


過去商品貨真價實,商人有道德,雖然有賺錢,賺得不過分,取多少利益?十分之一,這是有德行的商人。商人是要謀利,謀取小利,做生意能夠維持他家庭的生活,能夠幫助他商業的增長,夠了,沒有暴發戶。取十倍的利益、百倍的利益,太過分了。取十分之一的利益是菩薩商人。他能不能賺錢?能賺錢。為什麼?薄利多銷,他就賺了。利益社會,利益大眾,也利益自己,這是商道。「於是違逆天地」,天地是說神明,你做得太過分了,上天不容許你。

二零一二淨土大經科註  (第五四九集)  2013/12/20









Usia seorang manusia ada batasnya, pahala juga ada batasnya, maka itu orang yang menghargai berkah panjang usianya. Andaikata usianya hanya bisa mencapai 50 tahun saja, tetapi karena dia bisa berhemat dan hidup bersahaja, kelebihannya digunakan untuk membantu orang lain, saat tiba dia berusia 50 tahun tetapi berkahnya belum habis, haruslah sampai berkahnya habis terpakai barulah dia meninggal dunia, mungkin saja usianya bertambah lima tahun lagi atau sepuluh bahkan dua puluh tahun lagi.  

Lihat saja Tuan Yuan Liao-fan, yang semula usianya hanya 21 tahun saja, mengapa beliau bisa panjang umur? Karena dia menghargai berkah, memupuk berkah, semakin ditimbun semakin banyak, ajal tiba tetapi berkah belum habis dinikmati, maka usia jadi bertambah panjang. Sebaliknya, jika usia semula 70 tahun, berkah juga besar, tetapi dia menikmati hidup ini dengan keterlaluan, berkah selama 70 tahun sekaligus dihabisinya dalam waktu 50 tahun saja, walaupun masa hidupnya masih ada juga jadi tidak ada lagi.

Pepatah mengatakan “berkah habis manusia pun meninggal”, berkah habis maka ajalpun tiba, walaupun masa hidup masih ada, tetapi sudah mati duluan. Orang dulu mengajarkan kita untuk menghargai berkah, sungguh beralasan, bukan hanya ucapan belaka. Insan yang menyayangi berkah pasti akan memiliki manfaat baik, orang yang melatih kesusilaan pasti akan memperoleh manfaat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Desember 2013
   

一個人壽命是有定數的,福報也是有定數的,所以惜福的人長壽。他的壽命只有五十歲,可是他省吃儉用,多餘的還會幫助別人,他到五十歲壽命到了,他的祿還沒有用完,必須祿盡他壽命就到了,他可能延長五年、延長十年、延長二十年。你看袁了凡先生,延壽二十一年,什麼原因?他惜福、修福,福愈修愈多,壽命到了福沒享完,壽命延長。反過來,如果壽命七十歲,福報也很大,但是他享福享得太過分,七十年的福報他五十歲就把它享光,就沒有了,雖然還有壽命也不行。諺語有一句話說「祿盡人亡」,你的祿享盡、福享盡了,後面雖有壽命也不行,提前死亡。古人教我們惜福,有大道理在,不是隨便說的。惜福的人決定有好處,修德的人決定有好處。

二零一二淨土大經科註  (第五四九集)  2013/12/20