Selasa, 10 September 2013

Ajaran Buddha Maitreya




Ajaran Buddha Maitreya

Master Shan Dao demi untuk melindungi keyakinan praktisi pelafal Amituofo, telah membuat banyak perumpamaan, master berkata, jika anda sedang melatih metode melafal Amituofo, tiba-tiba muncul  Bodhidharma yang menganjurkan dirimu agar jangan melafal Amituofo lagi, beliau akan mengajarimu metode Dhyana yang langsung mencapai KeBuddhaan. Bagaimana reaksi anda setelah mendengar ucapan ini?

Jujur saja, sebagian praktisi pasti akan langsung goyah. Master Shan Dao menasehati kita harus berpendirian teguh jangan sampai terpengaruh, bukan hanya itu, bahkan walaupun yang muncul itu adalah Bodhisattva atau bahkan Buddha, datang menghampiri dan berkata : “Anda tak perlu melafal Amituofo lagi, saya memiliki metode yang lebih bagus, asalkan anda bersedia melepaskan metode melafal Amituofo, saya akan segera mengajarimu”. Master Shan Dao berkata lagi : “Jangan terpengaruh!”   

Ini hanyalah perumpamaan, kenyataannya jika memang ada Buddha yang menganjurkan kita jangan melafal Amituofo, maka itu pasti bukan Buddha tulen, jika bukan Buddha maka itu adalah Mara. Maka itu Master Shan Dao berkata bahwa jika yang datang itu adalah Buddha atau Bodhisattva asli, maka ajaranNya pasti sama dengan ajaran Buddha Sakyamuni, takkan ada perbedaan. Mengapa demikian? Karena ajaran semua Buddha adalah sama.

Ucapan satu Buddha adalah ucapan seluruh Buddha, ucapan seluruh Buddha takkan beda dengan ucapan satu Buddha. Maka itu ketika Bodhisattva Maitreya mencapai KeBuddhaan di dunia, Beliau segera membabarkan ajaran yang sama dengan Buddha Sakyamuni, juga menasehati para makhluk untuk melafal Amituofo dan bertekad lahir ke Alam Sukhavati.

Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas telah tertera bahwa Bodhisattva Maitreya menerima tanggung jawab dari Buddha Sakyamuni untuk meneruskan membabarkan Ajaran Sukhavati. Maka itu keyakinan kita harus dibangun dari sini, jangan ada keraguan sedikitpun, jangan sampai terpengaruh dan goyah, jadikan keyakinan ini sebagai pengamalan seumur hidup, ini adalah syarat pertama untuk terlahir ke Alam Sukhavati yakni membangkitkan keyakinan dengan sukacita.
      

Petikan Ceramah Master Ren Shan
Judul : 48 Tekad Buddha Amitabha
5 September 2007




善导大师在观经四贴疏里面为了守护念佛人的信心,说了很多假设,大师说,假如你在念佛的,忽然有一个善知识出现,告诉你别念阿弥陀佛了,我这边有一个直指人心见性成佛的禅,我们假设这个善知识是达摩祖师,你正在念佛,达摩祖师来了,别念了,这么念多麻烦,我教你马上成佛,我们听到作何感想呢?这个话不好说,一般人跑掉了,念得多辛苦啊,大师说了,不可以为他所动,不但这样不为所动,乃至于地上菩萨,乃至于十方诸佛,现圆满报身来说,你不要念阿弥陀佛了,我还有个更好的法门,你只要放弃念佛,我马上教给你,大师说,依然不可以动摇。

那有人说了,都是佛说的嘛,那这些佛都来了劝我,我可以相信释迦佛,为什么不可以相信别的佛呢?这是假设而已,事实上呢不可能,假如真有一尊佛来劝我们不要念阿弥陀佛了,我们要知道,那决不是佛,不是佛就是魔,所以大师后面说了,假如是真的菩萨,真的诸佛一定与释迦本师弥陀如来所说,无二无别,何以故?佛佛道同。一佛所说即是一切佛说,一切佛说与一佛所说,无二无别,绝不会,将来弥勒佛出世了,马上推翻释迦牟尼佛说的,释迦牟尼佛骗你们叫你们念阿弥陀佛没什么用,绝不可能会出现这个情况的,将来弥勒菩萨成佛了,同样会劝众生念阿弥陀佛。在无量寿经我们得到证明,弥勒菩萨接受世尊的嘱咐,将来弘扬弥陀净土,所以我们的信心要在这个地方建立起来,深信不疑,不为一切言论之所动摇,这就是我一生永恒的信念。这是往生的头一个条件,至心信乐。


摘自
(仁山法师讲于新加坡南海普陀山)
公元二千零七年九月五日
第四集