Rabu, 11 September 2013

Ternyata Anda Juga Adalah Buddha Amitabha



Ternyata Anda Juga Adalah Buddha Amitabha

Ajaran Sukhavati sangat menekankan untuk melatih diri sendiri, namun juga sambil mengajak insan lain untuk melafal Amituofo, dan ini bukanlah hal yang gampang. Di dalam salah satu syair yang ditulis oleh Master Shandao, beliau mengatakan bahwa bila diri sendiri dapat membangkitkan keyakinan pada Buddha Amitabha serta juga dapat mengajak insan lain untuk turut membangkitkan keyakinan pada Buddha Amitabha, maka hal ini sungguh tidak mudah terlaksana.

Namun bila dapat membangkitkan maha maitri maha karuna menasehati insan lain untuk melafal Amituofo sehingga memperoleh penyelamatan, maka inilah yang disebut membalas budi Buddha.   

Di dalam Naskah Tanah Suci karya Nagarjuna, tercantum bahwa pada masa Dinasti Tang ada seorang yang bernama Fang Zhu, suatu hari tiba-tiba dia diundang Raja Yama, alias mati mendadak.  

Karena dia diundang bukan ditangkap Raja Yama, maka dia diperlakukan dengan sangat ramah, kemudian Raja Yama berkata padanya : “Anda pernah menasehati seseorang untuk melafal Amituofo dan orang yang anda nasehati ini telah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, atas dasar jasa kebajikan ini seharusnya dirimu juga ikut terlahir ke Alam Sukhavati, namun mengapa anda sendiri justru tidak sudi melafal Amituofo?”

Orang tua ini berkata : “Saya tidak ingin menuju Alam Sukhavati, mungkin waktu dulu secara tak sengaja mengajak orang lain melafal Amituofo, tak terduga orang itu benar-benar serius dan telah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati”.

Raja Yama kembali mendesak : “Anda seharusnya juga melafal Amituofo, dengan jasa kebajikan ini anda pasti dapat terlahir ke Alam Sukhavati”.

Namun orang tua itu tetap bersikeras : “Saya benar-benar tidak ingin ke sana, saya masih ingin mendaki Gunung WuTai, tolong lepaskanlah saya”.

Raja Yama merasa sungguh tak berdaya, namun tetap memperlakukan orang tua ini dengan penuh hormat.

Maka itu Master Yin Guang berkata bahwa dengan menasehati satu orang agar melafal Amituofo dan jika orang ini memang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati berarti anda telah menghasilkan satu Buddha.

Jasa kebajikan yang sungguh tak terbayangkan ini, akhirnya orang tua itu dibebaskan.

Bodhisattva Maha Maitri mengatakan, jika menasehati 2 orang atau lebih melafal Amituofo selain diri sendiri juga mengamalkan, maka jasa kebajikan ini melebihi ketekunan jika anda hanya melatih diri sendiri.

Jika menasehati lebih dari 10 orang melafal Amituofo, jasa kebajikan anda telah tak terbayangkan dan tak terhingga lagi.

Jika anda mampu menasehati ratusan atau bahkan ribuan orang melafal Amituofo, maka anda adalah seorang Bodhisattva.

Jika anda bahkan bisa menasehati puluhan ribu orang lebih untuk melafal Amituofo, maka anda adalah jelmaan Buddha Amitabha.   

Bayangkan, siapa yang bisa memiliki kharisma yang sedemikian kuat?  Hanya para Buddha yang mampu menasehati puluhan ribu orang ke atas untuk melafal Amituofo.  



Petikan Ceramah Master Ren Shan
Judul : 48 Tekad Buddha Amitabha
5 September 2007






念佛法门也特别强调自己修行,劝别人念佛,这一点非常不容易。善导大师有一首偈颂劝念佛的人劝人念佛,这是两重的,大师说自信教他信,就是我们自己深信不疑修学了,又能够教别人相信,难中转更难,太不容易了,大悲普转化,真名报佛恩,唯有这样才能体现出我们报佛恩的实际行动,这是大慈大悲心在推动。这样说还没动力,大家也没意思要这样做,我举一个例子,《龙舒净土文》里面记载唐朝有一个叫房翥的人,有一天被阎罗王请去了,就是突然死了,阎罗王请他去的,不是抓他去,请他去,对他非常客气,请来之后,就跟他说你曾经劝过一个人念佛,而且这个人真的往生了,你因为这个功德应该往生极乐世界,你为什么不念佛呢?这老人就说了,我不想到极乐世界去,可能以前无意之中劝人念佛,人家真念往生了自己不知道,但是这个功德在。

阎罗王说了,你应该好好念佛,你肯定往生,老人说了,我真不想去,我想到五台山去朝山,你把我放了吧,阎罗王听了,哎呀没办法,但是对他依然非常尊重。这是印祖说的,劝一个人往生这个人真往生了,成就一尊佛,这还得了啊,把他放回来。大慈菩萨说得好,若劝二人修,就是除了自己以外,再能多劝两个人修行,念阿弥陀佛,比自己精进,比自己一个人修行更加精进,若劝十余人,能够劝上十几个人,福德已无量,这个人的福报功德无量无边,能劝百与千,能够劝成百上千个人,这个人就是菩萨,又能过万数,能够劝上万人念阿弥陀佛,大慈菩萨说这个人不是凡人了,是即阿弥陀,这个人是阿弥陀佛化身啊。你想想,谁有这么大的感召力啊?只有诸佛如来,能够劝成千上万的人念佛,


摘自
(仁山法师讲于新加坡南海普陀山)
公元二千零七年九月五日
第四集