Sabtu, 25 Januari 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Desember 2013



Masa sekarang adalah masa kekacauan, tetapi kami (Master Chin Kung) berada dalam keadaan selamat, tidak menderita, dalam kehidupan ini tak peduli tinggal di mana, lingkungan hidup kita senantiasa aman sentosa, kebutuhan sandang pangan dan papan tercukupi.

Kami tidak memiliki keinginan, tiada mengharapkan apa-apa, makan tiga kali tiada kekurangan, memiliki pakaian yang dapat menghangatkan tubuh, sebuah rumah mungil sehingga terhindar dari terpaan angin dan hujan, cukup membahagiakan.

Setiap hari belajar ajaran sutra dan melafal Amituofo, tidak bersaing dengan orang lain, juga tiada permohonan. Menwujudkan apa yang disebut dengan “seorang ksatria tidak mempunyai musuh”, sepanjang hidup tidak menjalin permusuhan dengan orang lain. Walaupun dia memusuhiku tetapi saya tidak memusuhinya, saya bebas dan bersukacita. Dia mengkritik dan menfitnah diriku, setelah saya mendengarnya, saya akan segera melakukan introspeksi diri apakah saya ada melakukan kesalahan seperti kritikannya, jika ada, maka segera memperbaiki diri, jika tidak ada maka selalu mawas diri.

Orang lain yang menyalahkan diriku, jika memang itu kesalahanku maka saya harus berterimakasih padanya, saya sendiri tidak mengetahuinya, untunglah dia memberitahukan padaku, saya harus memperbaiki diri. Jika sebaliknya itu bukan kesalahanku tetapi dia sengaja mencari masalah,  ini juga adalah peringatan untuk diriku agar saya senantiasa ingat jangan pernah melakukan kesalahan tersebut.

Maka itu orang yang selalu mengingatkan diriku agar jangan melakukan kesilapan adalah juga seorang kalyamitra, dia adalah sahabat yang menunjukkan jalan kebenaran padaku.  Sepanjang hidup takkan ada kebencian, takkan ada kemelekatan, hati senantiasa damai dan bahagia. Andaikata selalu menyimpan ganjalan ini di hati, bagaimana lagi bisa melewati hari demi hari dengan tenteram?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Desember 2013


現在是在動亂的時代,我們身安,我們沒有苦,這一生無論在什麼地方居住,居住的環境是安定的,我們日常生活衣食住行是正常的。我們沒有欲望、沒有希求,三餐飯能吃飽,穿著可以保暖,有個小房子可以遮蔽風雨,很快樂。每天學習經教,念阿彌陀佛,於人無爭,於世無求。真正做到仁者無敵,敵就是什麼?敵對的,這一生當中沒有跟任何人對立。

他跟我對立,我不跟他對立,我自在,我快樂。他批評我、他毀謗我,我聽了之後,想一想有沒有,有則改之,無則嘉勉。指責我,我確實有這個過失,我感謝他,我自己還不知道,他告訴我,我要改過。沒有這個過失,是他造謠生事的,也提醒我,我不可以有這種過失。所以提醒我的人都是善知識,都是我的善友。一生沒有怨恨、沒有貪戀,心是平靜的,快樂無比。要是把這些事情都放在心上,這日子還能過嗎?

二零一二淨土大經科註  (第五五七集)  2013/12/28