Rabu, 22 Januari 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Desember 2013



Praktisi Ajaran Sukhavati tentunya pada masa kelahiran lampaunya telah menanam banyak benih Amituofo di Alaya-vijnana (gudang kesadaran) nya, andaikata tidak ada begitu banyak benih melafal Amituofo,  bagaimana mungkin anda akan datang ke vihara Aliran Sukhavati? Bagaimana mungkin anda bisa memasuki ruang kebaktian pelafalan Amituofo? Bagaimana mungkin anda akan turut serta dalam “Kebaktian Pembacaan Amitabha Sutra Secara Berkesinambungan Dalam Tiga Sesi”? Mana mungkin.

Para praktisi yang turut serta dalam kebaktian pelafalan Amituofo dan “Kebaktian Pembacaan Amitabha Sutra Secara Berkesinambungan Dalam Tiga Sesi”, kami melihat jumlah ini tidaklah sedikit, tetapi jumlah orang di luar vihara lebih banyak lagi, mengapa mereka tidak datang? Anda bisa tahu bahwa jumlah praktisi ini bila dibandingkan dengan penduduk Hongkong, mungkin juga tidak sampai sepersepuluhribu bagian. Barulah kami menyadari pintu Dharma yang sulit dipercayai, barulah menyadari bahwa betapa dalamnya budi Buddha kepada kami, budi kebajikan ini betapa besarnya, Buddha takkan pernah mengabaikan seorang pun.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Desember 2013


我們淨宗同學肯定過去生中阿賴耶識裡頭有很多念佛種子,沒有很多念佛種子,你怎麼會到淨宗學會來?你怎麼會進念佛堂?你怎麼會參加三時繫念?都不可能。念佛堂、繫念法事參加的蓮友們,我們看見人不少,但是道場外面的人更多,他為什麼不來?你就曉得,道場這些人跟整個香港地區人口比,萬分之一都不到。我們才曉得難信之法,才知道佛對我們的深恩,這恩德多大。佛氏門中,不捨一人。

二零一二淨土大經科註  (第五五一集)  2013/12/23









Ucapan Master Yong Jia sungguh bagus, “di dalam mimpi tampaknya enam alam tumimbal lahir seperti nyata adanya, tetapi setelah tercerahkan bahkan tiga ribu maha ribu dunia juga ternyata tidak ada”. Umpamanya kita menonton tayangan televisi, kita mengetahui itu bukan nyata, maka itu segala sesuatu yang ada di dalam tayangan televisi tidak mungkin bisa kita raih dan menjadi kepemilikan kita, kita tidak mungkin memiliki niat keinginan sedemikian.

Ketika anda sudah dapat melihat penampilan sesungguhnya dari sebuah kondisi, enam landasan indera mengadakan kontak dengan enam kondisi luar, serupa dengan menonton televisi, tiada bedanya, dalam menghadapinya takkan timbul niat pikiran, takkan ada niat hendak mengendalikannya, tidak ada keinginan untuk memilikinya dan menguasainya, maka anda akan merasa bebas, dari orang awam meningkat menjadi insan suci.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Desember 2013


永嘉大師說得好,「夢裡明明有六趣,覺後空空無大千」,是真的不是假的。我們看電視,知道電視是假的,所以電視裡頭所有一切物像,並不想據為己有,不會生起這個念頭。什麼時候你能看到現實的環境,六根所接觸的六塵境界,跟電視完全相同,無二無別,在這上不起心動念了,決定沒有控制的念頭,沒有佔有的念頭,沒有支配的念頭,你就自在了,你就提升了,從凡夫提升為聖人。

二零一二淨土大經科註  (第五五一集)  2013/12/23