Sabtu, 25 Januari 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Desember 2013



Masyarakat masa kini, sesama manusia saling tipu menipu, bahkan hubungan antar negara juga ada dusta didalamnya. Maka itu pada waktu sehari sebelum Upasaka Li Bing-nan meninggal dunia, pada sore itu beliau menyampaikan pesan terakhir kepada murid-muridnya, keesokan harinya pukul lima pagi beliau menghembuskan nafas terakhir.

Dalam pesan terakhirnya itu beliau mengatakan bahwa dunia ini sudah kacau balau, walaupun Buddha atau Bodhisattva maupun dewa datang ke dunia ini juga tak berdaya, maka itu beliau memberitahukan murid-muridnya bahwa hanya ada satu jalan keluar yakni melafal Amituofo dan bertekad lahir ke Alam Sukhavati, inilah pesan terakhir beliau.

Pesan terakhir dari Guru Li ini, berapa orang yang menyadarinya? Orang yang dapat menyadarinya adalah insan yang berberkah, karena ini adalah hal yang sesungguhnya. Kita harus serius dan giat berusaha, membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, melepaskan semua kemelekatan, terlahir ke Alam Sukhavati barulah dapat mengakhiri penderitaan secara tuntas, barulah dapat terlepas dari enam alam tumimbal lahir secara menyeluruh, setelah bebas barulah memperoleh kebahagiaan yang sesungguhnya, Alam Sukhavati adalah kebahagiaan sejati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Desember 2013


今天的社會,人與人互相欺騙,國與國也互相欺騙。所以這個世間,李炳南老居士往生前一天下午跟大家講,最後的遺言,第二天早晨五點鐘走了,說世界亂了,佛菩薩神仙來都沒法子,告訴我們這些學生,他說你們只有一條生路,念佛求生淨土,最後的遺言。老人說這個話了,幾個人覺悟?覺悟的人有福了,這不是兒戲,千真萬確的事實。我們要認真,我們要努力,想著信願持名,萬緣放下,往生到極樂世界才是真正的離究竟苦,究竟苦是六道輪迴,脫離了,得到的是究竟樂,極樂世界是究竟樂。

二零一二淨土大經科註  (第五六0集)  2013/12/30








Sutra ini menjelaskan secara terperinci bahwa satu pintu Dharma sudah cukup, sepanjang hidup hanya melatih satu metode saja, pasti dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Mengajarkan satu pintu Dharma ini kepada orang-orang yang berjodoh, bagi mereka yang membangkitkan tekad ke Alam Sukhavati, bila kita telah menemukannya maka harus membantu mereka agar dapat memahami dengan jelas, sehingga dia dapat menghapus keraguannya, segenap hati dan menfokuskan diri melafal Amituofo, setiap insan terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Desember 2013


這本經給我們介紹的,說得太詳細了,於理、於事、於性、於相、於因、於果,面面都講得周到。一門就夠了,一生專修這一門,自己決定往生。專門教這一門,完全是對待有緣人,真正想往生淨土的人,我們遇到了,幫助他,講明白、講清楚,他再沒有疑惑了,一心一意,一向專念,個個往生。

二零一二淨土大經科註  (第五六0集)  2013/12/30









Master Dao An sangat bijaksana dan hatinya juga sangat lapang. Waktu dulu di Taipei dia meminjam aula besar milik Asosiasi Buddhis untuk menyelenggarakan ceramah Dharma bagi mahasiswa-mahasiswi, setiap minggu sekali diadakan ceramah.

Kami berempat menjadi staf pengajar, dan Master Dao An sendiri menjadi ketuanya, selain mengundang diriku, masih ada Master Zhi Yu, juga ada Master Yin Hai yang sekarang berada di Los Angeles, kami berempat anggota Sangha bertugas menjadi pengajar.

Saya sendiri setiap pagi memberikan ceramah di dua kelas, di sana saya mengajar selama empat tahun. Setelah Master Dao An wafat, saya meninggalkan kelas ceramah tersebut.  Sepertinya setahun setelah kepergianku, kelas ceramah tersebut juga ikut bubar.

Sewaktu memberi ceramah di kelas, saya mendapati bahwa tempat duduk di kelas tersebut terisi penuh, ada sekitar 600-700 orang. Sedangkan tiba giliran Master Dao An yang berceramah, yang hadir hanya 50-60 orang, melihat kondisi ini saya jadi sedih. Waktu ceramah saya di pagi hari sedangkan Master Dao An di sore hari, maka itu saya mencoba berdiskusi dengan beliau, bagaimana jika waktu ceramah kami berdua ditukar, Master Dao An di pagi hari dan saya sendiri di sore hari.

Setelah waktu ceramah ditukar, pada pagi hari jumlah pendengarnya juga sama, para pendengar sesi pagi tidak hadir, setelah selesai makan siang, ketika saya memasuki kelas sore, mahasiswa yang hadir juga berjumlah 600-700 orang, sehingga saya jadi tak berdaya.

Master Dao An amat berlapang hati, sedikitpun tidak timbul kecemburuan, sepanjang hidup beliau adalah sosok yang berbesar hati yang pertama saya temui, maka itu saya begitu menghormati beliau dan amat menyukainya.

Beliau wafat di usia 70 tahun, sosok yang amat menyayangi anak-anak muda,  terutama anak muda yang suka belajar, maka dia akan berusaha memberi kesempatan agar anda berhasil, dia takkan merintangi kemajuanmu.

Beliau juga pernah memimpin serombongan orang untuk mengadakan kunjungan ke Jepang, saya masih ingat kunjungan tersebut selama lebih dari 20 hari. Dia mencari saya untuk ikut mendampinginya dalam perjalanan tersebut, beliau amat menyukai orang berbakat dan suka memberi kesempatan pada orang lain agar bisa maju dan berhasil.
  
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Desember 2013


道安法師有智慧,心量很大。早年他在台北借佛教會的大講堂辦大專佛學講座,學慈光講座,每一個星期天上課,專門為大專學生開的課。我們四個人教,他自己是這個講座的主任,請了我,還有智諭法師,還有一個現在在洛杉磯,印海法師,我們四個出家人教。我的名義是總主講,主要的課程,我每天上午兩堂課,我在那裡教了四年。老法師往生了,我離開這個講座。離開好像維持了一年,這講座就沒有了。

 在這個教學當中,我發現我上課的時候,學生坐得滿滿的,有六、七百人,講堂坐滿了。老和尚講經,道安法師自己也講經,聽眾只有五、六十個人,我看到很難過。我的課都排在上午,老和尚課在下午,我跟老和尚商量,我說我們兩個對調,你講上午,我講下午。這一對調之後,上午他還是那麼多人,上午學生不來,吃過午飯之後,我下午上課的時候,學生又有六、七百人,搞得我沒法子。老和尚心量大,一點嫉妒心都沒有,我一生當中遇到頭一個,我非常尊重他,非常喜歡他。他走的那一年七十歲,過了七十歲生日,他走了。愛護年輕人,特別是年輕好學,他會成就你,他會給機會給你,他不障礙你。他率領一個僧團到日本去訪問,我記得那一次訪問二十多天。他找我,要我陪他一道去,訪問期間在國外住旅館,我跟他兩個住一個房間,非常愛才,喜歡提拔人,喜歡成就別人。

二零一二淨土大經科註  (第五六0集)  2013/12/30