Kamis, 21 November 2013

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 November 2013



Baru-baru ini beberapa staf dari Departemen Pendidikan Republik Indonesia, mengunjungi Hongkong, mereka memberitahukan padaku, seluruh sekolah dasar dan menengah di Indonesia sedang menggalakkan Di Zi Gui, memasukkan Di Zi Gui sebagai mata pelajaran dalam kurikulum sekolah dasar dan menengah. Ini adalah hal yang bagus, ini adalah pilihan yang bijaksana.

Baru-baru ini juga Rektor Universitas Islam Indonesia bersama rombongannya datang ke Hongkong untuk mengunjungi saya, dan memberitahukan padaku sebuah berita, di Universitas Islam Indonesia akan dibuka Akademi Han (akademi kebudayaan Tiongkok). Ini adalah pilihan yang bijaksana, yakni Dharma Pravicaya Sambodhyang (menyelidiki berdasarkan Dharma)  yang ada dalam Satta Bojjhaṅga  (tujuh faktor pencerahan). Mendengar kabar ini saya amat bersukacita. Mereka ingin mengundangku ke Indonesia, sebelumnya saya sudah pernah berkunjung ke Indonesia, ketika Abdurrahman Wahid dan Megawati masih menjabat sebagai presiden, saya sering ke sana, saya mengadakan kunjungan beberapa kali dalam setahun, saya sangat akrab dengan mereka. Sedangkan presiden sekarang yakni Susilo Bambang Yudhoyono, saya pernah bertemu dengannya, dan berbincang selama lebih dari 40 menit.

Usiaku telah lanjut, tubuhku juga melemah, maka itu sudah beberapa tahun tidak berkunjung ke sana lagi, tidak diduga mereka bisa memiliki pilihan yang sedemikian bagus. Setelah bertahun-tahun kami menyebarkan kebudayaan tradisional Tiongkok, akhirnya membawa hasil, dengan berdirinya Akademi Han di Malaysia. Tidak terpikir bahwa Universitas Islam Indonesia atas inisiatif sendiri akan mendirikan Akademi Han.
      
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 November 2013



最近印尼教育部的官員到香港來訪問,告訴我,印尼的中小學全國推動《弟子規》,把《弟子規》放在中小學課程裡面來學習。好事情,這是智慧的擇法,選擇這個東西。最近印尼回教大學的校長一行也到香港來看我,告訴我一個信息,回教大學裡面要開漢學院。這是智慧的選擇,都是七覺支的擇法覺支,我聽到非常歡喜。他們要邀請我到印尼去看看,印尼在過去,瓦希德做總統的時候、梅加瓦蒂做總統的時候,我常去,一年要去好幾次,我跟他們很熟。現任的總統尤托,我跟他見過面,談過四十多分鐘。年歲也大了,體力衰退了,所以好幾年沒去了,沒有想到他們有這麼好的選擇。漢學、中國傳統文化這些年來我們極力的宣揚,起作用了,馬來西亞有漢學院,沒有想到印尼回教大學主動想到要開漢學。

二零一二淨土大經科註  (第五0五集)  2013/11/8