Selasa, 24 September 2013

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2013 bgn 1



Dari puluhan ribu praktisi pelafal Amituofo, hanya satu atau dua orang saja yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, dua orang ini pasti adalah anak yang berbakti dan tahu menghormati insan yang lebih tua.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2013

一萬個念佛的人,真正往生只有一、二個,這兩個人肯定是孝子,肯定是尊重長輩,對長輩有恭敬心。


二零一二淨土大經科註  (第四三三集)  2013/9/10  








Pilihlah sutra yang anda pahami dan sukai, kemudian menfokuskan diri pada satu sutra tersebut selama 10 tahun, setelah dasar anda telah kuat, barulah boleh melihat sutra lainnya. Jika anda menemukan sutra yang lebih serasi dan telah menentukan pilihan, maka sepanjang hidup janganlah mengubahnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2013

你看哪些經典你看得懂、你看得有興趣,你就一門深入,在這一部經上用上十年功夫,你的基礎打好了,你可以看其他經典。如果找到更合適的,選定了,一輩子不要改。

二零一二淨土大經科註  (第四三三集)  2013/9/10  










Jika anda tidak sudi melepaskan kemelekatan, Buddha Amitabha juga tidak bisa menarik dirimu. Syarat untuk terlahir ke Alam Sukhavati yakni harus bisa melepaskan kemelekatan. Jika anda telah dapat melepaskan kemelekatan pada tubuh, maka harta benda lainnya juga akan mudah dapat dilepaskan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2013

你要不肯放下,阿彌陀佛來,拉都拉不動你,你太重了。往生極樂世界基本的條件就在此地,只要你真肯放下,決定往生,為什麼?沒障礙了。身能放下,一切你所擁有的當然更容易放下,身外的是我所有,我所有跟這個我的身都要放下。


二零一二淨土大經科註  (第四三三集)  2013/9/10  








Melatih diri tidak harus menjadi Bhiksu, menjadi umat awam juga sama dapat melatih diri. Pada saat Buddha Sakyamuni sedang membabarkan Dharma di dunia ini, bertepatan masa tersebut juga ada Upasaka Vimalakirti yang juga adalah Buddha, dua Buddha yang muncul di dunia dalam waktu bersamaan. Yang satu adalah Buddha yang berpenampilan sebagai umat awam, sedangkan yang satu lagi berpenampilan sebagai Buddha Sangha.  

Siswa Buddha Sakyamuni, Sariputra, Maudgalyayana dan siswa utama lainnya ketika bertemu dengan Upasaka Vimalakirti, juga melakukan namaskara tiga kali serta mengelilingi dari sebelah kanan tiga kali, tata cara penghormatan ini sama dengan penghormatan ketika bertemu Buddha. Walaupun dengan penampilan umat awam, namun hati telah menjadi Bhiksu. Mereka ini bertugas mengajari umat awam agar belajar Dharma, menjadi teladan bagi umat awam lainnya.

Jadi baiknya memilih menjadi Bhiksu atau orang awam? Ini menuruti keleluasaan masing-masing, tidak menjadi keharusan, dengan penampilan apa untuk membantu para makhluk. Baik Sangha maupun Non Sangha harusnya saling bekerjasama barulah Ajaran Buddha dapat berkembang dengan sempurna.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2013

真修行不一定要出家,在家出家是一樣的。釋迦牟尼佛當年示現出家,維摩居士示現在家,維摩居士是佛,同時兩尊佛出現在世間,一個在家佛,一個出家佛。世尊的弟子,舍利弗、目犍連這些大弟子見到維摩居士,也要頂禮三拜,右繞三匝,跟見佛的禮節完全相同,在家佛。在家佛就是前面所說的,心出家了,身沒出家。那是什麼?教人在家學佛,給在家學佛做一個榜樣。選擇出家還是選擇在家?各人的方便,沒有一定,往往是看度眾生的方便,用什麼樣的身分方便幫助眾生。在家跟出家密切配合,佛的教化才能圓滿。

二零一二淨土大經科註  (第四三二集)  2013/9/10 






 


Jika berhasil mencapai pencerahan, namun tidak memiliki niat untuk terlahir ke Alam Sukhavati, maka segala jasa kebajikan akan berubah menjadi berkah kebajikan, terlahir menjadi Raja Dewa, atau raja manusia, menikmati kesenangan dan memiliki kekuasaan. Namun harus diketahui bahwa dia juga mudah berbuat kejahatan. Dia bisa membunuh dengan sesuka hati. Kejahatan yang terbesar adalah pembunuhan, dalam Ajaran Buddha sila pertama yang harus diamalkan adalah menghindari pembunuhan. Ini sangat penting. Baik Raja Dewa maupun raja manusia jika tidak memiliki etika moral, sekali mengobarkan peperangan maka jatuh ke Neraka Avici, tak peduli apapun tujuannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2013

證果是向上提升,沒有能求往生,把修行的功德全轉變成福德,人間天上做天王、做天帝、做人王,享受人間大福報,有地位、有權勢,好;可是要知道,他造業也很容易。他殺人不要償命,世間一般人殺人要償命的。世間最重的惡業是殺生,佛所有戒律都把這個擺在第一條,不殺生,這最重的。這種人王、天王,他要是沒有德行,發動一次戰爭,那就是無間地獄的罪業,不管你為什麼。

二零一二淨土大經科註  (第四三二集)  2013/9/10