Jumat, 26 Juli 2013

Bait 02



Penjelasan Bab Bodhisattva Mahasthamaprapta Melafal Nama Buddha Dengan Sempurna Tanpa Rintangan


Bait sutra :


wǎng

héng
shā
jié

yǒu
chū
shì

míng
liàng
guāng

shí
èr
lái

xiāng
jié

zuì
hòu

míng
chāo
yuè
guāng



Bodhisattva Mahasthamaprapta memberitahukan pada kita tentang riwayat belajarNya, pada masa lampau kalpa yang tak terhingga ada Buddha yang bernama Cahaya Tak Terhingga, ada 12 Buddha yang muncul dalam satu kalpa. Di dalam Bab 12 Sutra Usia Tanpa Batas tertera : “Buddha Amitabha memiliki cahaya nan cemerlangmelampaui cahaya sang surya dan rembulanribuan, puluhan ribu, bahkan ratusan juta kali lipat. CahayaNya adalah yang paling terunggul. Rajanya diantara para Buddha, maka itu Buddha Amitayus ( Buddha usia tak terbatas)juga mendapat sebutan Buddha cahaya tak terhingga”.

Cahaya para Buddha dapat menyinari sampai sejauh mana, adalah berdasarkan pada besar kecilnya tekad dan jasa kebajikan Mereka masing-masing sewaktu melatih diri di masa lampau. Para Buddha yang melihat hasil dari 48 tekad Buddha Amitabha dan kewibawaan Alam Sukhavati, tentu saja mendukung dan memberikan pujian, maka itu membantu Buddha Amitabha menuntun para makhluk di sepuluh penjuru alam agar semuanya bertekad terlahir ke Alam Sukhavati. 

Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas tertera Buddha Amitayus ( Buddha usia tak terbatas)juga mendapat sebutan Buddha cahaya tak terhinggajuga disebut Buddha cahaya tanpa batas, Buddha cahaya tanpa rintangan, Buddha dengan cahaya tiada bandingnya juga disebut Cahaya kebijaksanaan Cahaya yang senantiasa menyinari, Cahaya suci, Cahaya sukacita, Cahaya pembebasan, Cahaya kedamaian, Cahaya yang melampaui sinar surya dan rembulan, Cahaya tak terbayangkan.


Dikutip dari :

Penjelasan Bab Bodhisattva Mahasthamaprapta Melafal Nama Buddha Dengan Sempurna Tanpa Rintangan

Oleh : Master Chin Kung