Rabu, 04 September 2013

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2013


Saya mengikuti Upasaka Li Bing-nan belajar Dharma selama 10 tahun, dari beliau saya belajar bahwa dengan memutuskan keinginan barulah kebijaksanaan dapat diperoleh. Ketika saya tiba di Taichung, guru telah berusia 70 tahun. Beliau mengatakan padaku bahwa satu stel pakaiannya telah dipakai selama 40 tahun. Merawat pakaiannya dengan baik, bersih dan awet. Sedangkan baju dalamnya, ketika beliau wafat dan barang-barangnya dirapikan barulah tahu bahwa baju dalamnya telah ditambal-tambal, demikian juga dengan kaus kakinya, beliau yang menambalnya sendiri.

Kami sungguh terharu mengetahui ternyata guru begitu berhemat. Hasil persembahan murid-muridnya, baju baru ternyata dialihkan kepada orang lain yang tidak mampu. Saya sendiri pernah menerima hadiah dua stel pakaian baru dari guru, juga hasil persembahan dari orang lain. Pakaian baru diberikan kepada orang lain, sementara dirinya sendiri memakai yang ditambal-tambal.

Guru pasti bukan meminta bantuan orang lain menambalnya, pasti dirinya sendiri yang mengerjakannya, karena bila beliau meminta bantuan orang lain, pasti sejak awal sudah dibuang dan guru akan dibelikan pakaian baru.

  Guru makan sehari sekali saja dan memasak sendiri. Tinggal di kamar yang sangat sempit sepanjang hidupnya.

 Guru  bukan tidak memiliki uang, pemasukannya besar, seluruh harta bendanya dipakai untuk beramal. Sementara dirinya sendiri begitu berhemat. Biaya hidup sehari, pada saat itu sekitar tahun 1960 an, hanya dua dollar Taiwan, jadi sebulan hanya 60 dollar Taiwan. 60 dollar Taiwan bila dihitung dalam US dollar sekitar satu dollar lebih sedikit, pada masa itu seingat saya satu US dollar dapat diganti dengan 34 dollar Taiwan, tidak sampai dua US dollar.   

Saya sungguh terharu melihat cara hidup guru. Ketika itu saya masih muda, berusia 30 tahun, saya berusaha meneladaninya, sehari makan sekali, namun porsi makan saya lebih banyak, sehari saya menghabiskan 3 dollar Taiwan, sehingga sebulan biaya hidup saya 90 dollar Taiwan, tidak mampu serupa guru yang hanya 60 dollar Taiwan. Sisa uangku digunakan untuk melepaskan satwa ke alam bebas dan mencetak buku sutra.     

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2013
  

我跟李炳南老居士十年,受到他老人家最大的啟示就是格物、致知。老人外面穿的一套中山裝,我到台中,他老人家七十歲,告訴我,他這套中山裝穿了四十年。對衣服很愛惜,還是乾乾淨淨,筆挺的。裡面衣服我們看不到,老人過世之後,整理他的遺物,發現裡面穿的內衣都是補丁補的,自己補的,襪子也是補的,在裡面看不見。我們非常受感動,原來老師是這麼樣的節儉。學生供養他的衣服,新的衣服,轉手就送給別人。我還接受他送我兩套衣服,別人供養他的,新的。新的送給別人,自己穿破了補,補了再補,現在到哪裡去找這種人。他絕對不是叫人補的,他自己補的,叫人補人家早就把它丟掉,買新的送給他。吃飯,自己燒飯,日中一食。住個小房子,台灣人知道,十五坪,一坪兩個榻榻米,十五坪,很小的房子,住一輩子。

不是沒有錢,他收入很可觀,錢全拿來做慈善事業,帶頭做。自己真正是省吃儉用,儉省到極處,真是不是非常必要的開銷他都會省下來。一個月生活費用,台灣錢,那時候六十年前,兩塊錢,一天,一個月生活費用六十塊錢。六十塊錢換美金一塊多一點,那時候一塊美金,我記得換三十四塊台幣,不到兩塊美金。我看到那個樣子很感動。那時候我年輕,我三十歲,我跟他學,日中一食,但是我一餐吃得比他多,他兩塊錢吃飽,我要三塊錢。所以我一個月生活費用要九十塊錢,沒有辦法做到他六十塊錢,做不到。一個月最低的開銷,大概總是一百多一點點。省下來的錢幹什麼?放生、印經,做這個。

二零一二淨土大經科註  (第四0九集)  2013/8/25  






Ksatria Tersembunyi

Insan terpelajar Tiongkok, mereka yang memiliki kemampuan takkan berniat jadi pejabat. Mereka bukan tidak memiliki kebijaksanaan dan mereka mampu menjadi pejabat yang benar. Namun mereka malah sembunyi di gua-gua pegunungan.

Saat saya masih berusia muda ketika membaca buku sejarah, saya jadi penasaran. Mereka memiliki bakat, kebijaksanaan, kemampuan, usia masih sangat muda, mengapa tidak mengabdikan diri kepada negara dan masyarakat, malah tinggal di gunung-gunung menjadi Ksatria Tersembunyi. Saya merasa penasaran buat apa kisah mereka dimasukkan dalam sejarah? Mereka tidak memiliki sumbangsih apapun.

Kemudian setelah usia saya lebih matang dan mengenal Ajaran Buddha, barulah saya mengerti mengapa para ksatria tersembunyi dimasukkan dalam catatan sejarah. Apa jasa mereka? Mereka memberi teladan untuk tidak bersaing dengan orang lain, tidak memiliki keinginan.

Sesungguhnya mereka memiliki kemampuan untuk bersaing, memiliki, namun mereka malah bertindak sebaliknya, sehingga masyarakat menjadi damai dan harmonis. Maka itu sejarah mencatat jasa-jasa mereka, sungguh sosok mereka patut dihormati.

Mereka telah memberi teladan yang baik kepada masyarakat, yakni walaupun memiliki kemampuan untuk bersaing dan memiliki, namun mereka takkan melakukannya. Ini barulah insan yang suci dan bijak.

Selanjutnya bila bertemu dengan murid yang berjodoh dengannya, maka dia akan menurunkan ilmunya pada muridnya sehingga ada orang yang mewarisi ilmunya. Kebanyakan dari mereka akan membuat hasil karya tulis untuk diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2013




中國讀書人,真正讀得好的人不出來做官。他不是沒有智慧,不是沒有本事,他有,他真的是個好官。他到哪去了?山洞裡去隱居去了。我年輕的時候也讀了一些歷史,《二十五史》裡頭的「隱逸傳」,我就是想不通。這些人有才華、有智慧、有能力,年歲很輕,為什麼不出來替國家社會服務,跑到山林裡去隱居,過隱士的生活,歷史學家還給他記傳,這我想不通,這個人沒貢獻。以後慢慢年歲大了,學佛了,明白了,作傳應該的。他這表示什麼?於人無爭,於世無求。這些人有能力爭、有能力求,他不求、不爭,社會安定和諧。所以歷史上寫他傳記,這是非常值得尊敬。就是說他不是沒有能力爭,他不爭,不是沒有能力求,他不求;那個不爭不求是他求不到、爭不到,這是真有能力,他不幹,給社會賢達做個好榜樣。有能力、有智慧,不爭、不求,這才真正稱得上聖人、聖賢。所以他教學生,真正遇到好的有緣的學生,兩個、三個,他教這幾個學生,他的道傳下去了,有人承傳。這些人多半自己也著書立說,他有著作傳給後世。我們《四庫》裡頭經、史、子,包括集,裡面都有這些人的作品,社會大眾對他敬仰。

二零一二淨土大經科註  (第四0九集)  2013/8/25





Segala benda, termasuk tubuh kita, dikendalikan oleh pikiran. Niat pikiran yang terbaik adalah Amituofo. Saya mendengar ada rekan kita yang kurang sehat, kemudian menfokuskan diri melafal Amituofo, melepaskan segalanya, sekarang tubuhnya serupa dengan insan yang usianya masih muda. Saya percaya, karena dia melafal Amituofo dengan bersungguh-sungguh, melepaskan semuanya, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, kini tubuhnya malah menjadi sehat dan kuat.  
       
 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2013


物質,最貼近的就是身體,念力可以改正我們身體。那念力,最好的念力就是阿彌陀佛,用阿彌陀佛這個念力來改造我們的身體,我們的身體就像阿彌陀佛一樣,像極樂世界的人一樣。我們要努力,做出來給大家看。我聽說有同學身體不好,以後專門念佛,萬緣放下,現在身體像年輕人一樣。我相信,理上講得通,他真幹了,他真放下了,一心求生淨土,什麼都不求了,身體反而變得強壯。
  
二零一二淨土大經科註  (第四一0集)  2013/8/25  








Mengapa mereka bersikap demikian padaku? Jika dia tidak memahami diriku, salah paham padaku, saya juga tidak perlu memberi penjelasan padanya. Dia membantu diriku mengeliminasi karma buruk, selama kalpa tak terhingga, kita tidak tahu telah berbuat berapa banyak kejahatan, maka itu rintangan ini harus kita terima dengan sukacita, tiada kebencian, hanya hati yang berterimakasih.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2013


他們為什麼用這些態度對我?他對我不了解,對我有誤會,我也不必給他解釋。我怎麼感受?他替我消業障,無量劫來,我們不知道做錯多少事情,這些障難我應該受,歡喜接受,沒有怨恨心,只有感恩的心。

 二零一二淨土大經科註  (第四0九集)  2013/8/25