Kamis, 16 Januari 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Desember 2013



Apa yang kita bahas hari ini tentang munculnya niat pikiran, semuanya itu adalah harta benda atau kekayaan. Jika harta benda itu telah berlimpah-limpah maka dia akan merasa tidak tenang. Niat pikiran, ucapan dan tindakannya, hanyalah demi untuk memperoleh apa yang disukai dan dikehendakinya, maka itu jiwa raganya tidak dapat tenteram, inilah yang disebut dengan bentuk-bentuk pikiran,  menghabiskan tenaga untuk berkhayal. 
 
Diperumpamakan pada musim semi terutama saat pagi hari, saat senja juga memiliki gejala serupa, ketika berada di luar negeri di daerah yang jarang dihuni, sewaktu mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, akan tampak di depan fenomena Geo-gas (gas bumi), seperti gelombang air, juga selalu tampak seperti uap di permukaan, ini yang disebut dengan kabut panas. Rusa liar dari kejauhan melihat fenomena ini bagaikan air, rusa merasa haus dan ingin minum, kemudian dia berjalan ke depan, tak peduli seberapa jauh jarak yang telah dia kejar, tetapi fenomena itu tetap masih berjarak di depan dirimu, selamanya tidak akan dapat diraih, karena dia bukanlah air, rusa yang kehausan ini mengira itu adalah air, terus menerus mengejar kabut panas dan selamanya takkan mungkin mendapatkan air. 

Ini adalah perumpamaan manusia yang selalu ingin mengejar harta kekayaan, ingin memperoleh kesenangan duniawi, harta, rupa, ketenaran, makanan dan kegemaran akan tidur, tidak menyadari bahwa hal ini ada hukum karmanya, andaikata tidak menanam benih, darimana bisa mendapatkan buahnya? Melihat orang lain kaya raya, maka menghalalkan segala cara untuk menipunya, merampas miliknya, maka berhasil memperolehnya. Setelah berhasil merampasnya, apa yang akan terjadi? Hanya bisa menikmati sesaat saja, kemudian akan berubah menjadi kosong melompong.


Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Desember 2013


我們今天講的起心動念,統統都是財物,今天講財富。物裡面含的多了,他所想要得到的,所以他身心不安。起心動念、言語造作,無非是想求得他之所愛所好所願,所以他的身心定不下來,不安。這就是「為心走使」,心裡打妄想,身要為這個妄想去辦事。「又憬興曰:為心走使者,如渴鹿逐於陽炎」,這個故事講了很多。春天,特別是早晨,黃昏也有這個現象,我們在國外地廣人稀,車開在高速公路上,看到前面的地氣,好像水裡的波浪一樣,一重一重的,常常看見,就像地面上的水蒸氣,這叫陽炎。鹿野生的牠不知道,牠遠看以為是水,牠渴了想喝水,往前面走,不管走多遠,它還在你前面,永遠找不到,它不是水,這個口渴的鹿以為是水,追逐陽炎而得不到水。這是比喻世間人想得到財富,想得到五欲六塵,財色名食睡,不知道這些東西它有因果,不修因,怎麼可能得來?看到別人有,想盡方法欺騙他、奪取他,得到了。得到怎麼樣?自己享受不長久,轉眼就成空。

二零一二淨土大經科註  (第五四三集)  2013/12/17









Taipan terkaya Hongkong Mr. Li Ka-shing, salah satu teman lamanya yang bernama  Chen Lang, waktu dulu sering hadir mendengar ceramahku, kami sangat akrab. Upasaka Chen Lang yang telah berusia lanjut mengatakan padaku bahwa dia menguasai ilmu nujum, meramal nasib dan melihat feng-shui, di bidang ini dia juga memiliki prestasi tersendiri.

Dia menceritakan padaku bahwa ketika Mr. Li Ka-shing berusia 30 tahun, dia baru datang dari Chaozhou ke Hongkong. Di Hongkong dia memulai dagang kecil-kecilan, kemudian mereka bertemu muka.

Chen Lang memandang garis wajah Li Ka-shing kemudian meramal nasibnya, selesai itu dia bertanya pada Li Ka-shing, berapa jumlah harta yang anda inginkan di kemudian hari sehingga anda bisa merasa puas? Li Ka-shing menjawab, andaikata saya dapat memiliki tiga puluh juta, maka saya sudah merasa puas.

Chen Lang memberitahukannya, gudang harta yang ada di garis hidupmu adalah berlimpah keluar.  Menurut Chen Lang ini adalah kejadian yang langka dan sepanjang hidupnya dia tidak pernah menemukannya.

Orang biasa yang memiliki gudang harta yang mencapai 80 atau 90 persen, ini sudah hebat dan terisi penuh. Tetapi anda malah berlimpah-limpah sampai keluar, kelak anda akan menjadi taipan terkaya di Hongkong. Sejak itu Li Ka-shing memutuskan untuk menjadikan Chen Lang sebagai konsultan pribadinya. Semua masalah didiskusikan dengannya.

Beberapa tahun yang lalu Upasaka Chen meninggal dunia, semasa hidupnya kami sering bertatap muka, terkadang dia datang mendengar ceramahku.

Maka itu apa yang ada di dalam garis hidup pasti akan terwujud, tetapi sebaliknya apa yang tidak ada dalam garis hidup, janganlah memaksakan kehendak.

Li Ka-shing berbisnis dan meraih keuntungan, tetapi andaikata anda mencoba berbisnis di bidang yang sama dengannya, dia bisa beruntung tetapi anda malah rugi. Mengapa demikian? Karena di garis hidupnya memang sudah ada, sedangkan di garis hidupmu tidak ada, jadi tidak sama.

Kita harus mengerti akan aturan ini maka hatipun jadi tentram, hati tentram maka takkan tersesat, karena tidak tersesat maka memiliki kebijaksanaan, karena memiliki kebijaksanaan maka dapat mengubah nasib, bukan tidak bisa mengubahnya.

Sepanjang hidup garis hidupku juga telah berubah, dalam garis hidup tidak memiliki harta, namun masih dapat melewati hidup dengan lumayan; di dalam garis hidup hanya ada sedikit kebijaksanaan, kebijaksanaan kecil ini digunakan pada Buddha Dharma sehingga berkembang menjadi kebijaksanaan besar; tidak memohon usia panjang, tetapi dengan sendirinya umur menjadi panjang.

Setiap saat saya selalu teringat pada kampung halamanku yakni Alam Sukhavati, terhadap dunia ini tidak memiliki kehendak, maka itu hatipun tentram, wajah menjadi bersukacita, memberikan teladan kepada semuanya dalam mengamalkan Aliran Mahayana khususnya Ajaran Sukhavati.

Di bagian selanjutnya dari “Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas” karya Upasaka Huang Nian-zu ini, beliau juga berkata, sebagian orang ingin memiliki seperangkat televisi, tetapi ketika melihat orang lain mempunyai dua buah, maka selalu mengharapkan agar dirinya juga bisa memiliki “lebih” agar sebanding dengan orang lain. “Memikirkan apa yang belum diperoleh, maka itu menjadi risau”. Mengapa dia menjadi risau? Karena tidak mendapatkannya. Bagaimana jika berhasil mendapatkannya? Maka kerisauannya juga tidak berhenti, walaupun sudah memiliki dua tetapi masih mendambakan tiga buah; setelah memiliki rumah masih ingin memiliki gedung. “Oleh karena keinginan tidak dihentikan, maka akan ada kerisauan yang tiada habis-habisnya. Walaupun sampai pada tua dan mati masih juga tidak merasa puas, kerisauan ini dibawa hingga kelahiran mendatang, setiap kehidupan tak terpisahkan dari kerisauan, betapa menderitanya kehidupan anda.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Desember 2013



香港的首富李嘉誠先生,他的一個老朋友陳朗,早年常常聽我講經,我們很熟。陳老居士,他懂得算命、看相、看風水,在這方面他很有造詣。他告訴我,李嘉誠先生三十歲的時候,從潮汕剛剛到香港,在香港做小生意,遇到了。他看他的相,給他算命,問他,你希望將來擁有多少財富你就滿足?李嘉誠說,我如果能有三千萬,我就非常滿足。陳老先生告訴他,你命裡面的財庫是漫出來的,他說這個很少有,他一生沒見到過。人家這個命裡的財庫有個八成、九成不錯了,平滿的,你是漫出來的,就告訴他,你將來是香港首富。所以李嘉誠就認定了他,等於說是他的私人顧問,什麼事情都向他請教。前幾年過世了,在世的時候我們常常見面,有時候他來聽經。所以命裡有時終須有,命裡無時莫強求,李嘉誠做生意都賺錢,你跟他做同樣的生意,他賺錢你蝕本。為什麼?他命裡有,你命裡沒有,不一樣。人要真正明白這些道理,心就定了,心定就不迷,不迷就有智慧,有智慧就可以改造命運,不是不能改造。我這一生的命運全改過來,命裡沒有財,日子過得不錯;命裡有一點小智慧,這一點小智慧用在佛法上變成大智慧;沒有求長壽,壽命自然延長。我是念念想的西方極樂世界,時時想回老家,老家是西方極樂世界,對這個世間一無所求,所以得清淨心、成喜悅相,把大乘、把淨宗表演出來給大家看。念老這後面說,一般人想自己有一個電視機,看到人家有兩個,總希望自己再有一個跟他平等。「思而未得,故以為憂」。他憂什麼?想不到。想到了呢?想到,憂也不能夠止住,有二個,還想有三個;有房子,還想有大樓。「欲無止境,故永有不足之憂。」一直到老死還不滿足,這個憂慮帶到下一世,生生世世離不開憂慮,你說你活得多辛苦。

二零一二淨土大經科註  (第五四三集)  2013/12/17









Mengenai mereka yang menghambat orang lain, tentu saja perbuatan ini akan ada akibatnya, bukan berarti menghalangi orang lain itu tidak ada balasannya, pasti ada. Andaikata dia memiliki kebijaksanaan maka dia takkan menciptakan rintangan karma sedemikian, karena ini adalah karma buruk, karma buruk yang dibahas di sini, balasannya ada pada masa kelahiran yang akan datang.

Dia telah tersesat, demi keuntungan semata, menghambat makhluk lain untuk berkesempatan menerima Dharma murni, buah akibat yang akan diterima mereka, tentu saja setiap kelahirannya menjadi bodoh (moha), dirinya sendiri jika kelak bertemu dengan jodoh Dharma, juga akan dirintangi orang lain, ini adalah permusuhan saling mencelakai.

Juga dalam kurun waktu berkali-kali tumimbal lahir dan berkalpa-kalpa lamanya tidak dapat bertemu dengan Buddha Dharma, yakni tidak dapat bertemu dengan Dharma murni, ini merupakan bencana terberat diantara bencana terparah.

Menempatkan tidak memiliki kesempatan untuk mendengar Dharma dan cara melatih diri sebagai hukuman terberat, sedangkan hukuman lainnya masih tergolong ringan, asalkan setelah mendengar Dharma jadi tercerahkan, maka semuanya dapat teratasi.

Maka itu, mendengar Dharma itu amat penting sekali, setiap Buddha yang muncul ke dunia, tidak ada yang tidak membabarkan Dharma. Buddha Sakyamuni menampilkan kepada kita 49 tahun lamanya Beliau membabarkan Dharma, tidak pernah beristirahat, apa maknanya? Ini memberitahukan pada kita bahwa  menceramahkan dan mendengar Dharma merupakan kebajikan terunggul.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Desember 2013


至於障礙的人,當然他也有障礙的果報,並不是說障礙就沒有果報,不是,有果報。如果他要是有智慧,他不會造這個業,因為這是不善業,不善業跟此地所說的,決當報償於後世。他迷惑了,圖眼前的小利,障礙眾生接受正法的機緣,他們的果報,肯定生生世世愚痴,自己將來遇到法緣,也會被別人障礙,這冤冤相報。也是多生多劫遇不到佛法,是遇不到正法,這是所有災難裡頭最嚴重的災難。把不聞經、不聞法、不知道修行是第一重罪,其他罪都輕,只要聽經聞法覺悟了,全都解決了。所以,聽經聞法是多麼重要,每一尊佛出世,沒有不講經的,沒有不教學的。釋迦牟尼佛為我們示現四十九年講經說法,沒有休息一天,什麼意思?告訴我們,講經說法、聽經聞法第一大德。

二零一二淨土大經科註  (第五四四集)  2013/12/17