Selasa, 10 September 2013

Semua Buddha Melafal Amituofo




Semua Buddha Melafal Amituofo

Seluruh Buddha memuji Buddha Amitabha, juga memuji para praktisi yang melafal Amituofo, masih ada makna yang sangat penting, yakni semua Buddha juga sedang melafal Amituofo.

Bagaimana cara para Buddha memuji Buddha Amitabha? Yakni dengan melafal Amituofo. Kebenaran ini diungkap di dalam Buddha-dhyana-samadhi-sagara-sutra, Buddha Sakyamuni berkata bahwa diriNya bersama dengan para Buddha dari Bhadrakalpa dan seluruh Buddha di sepuluh penjuru. Kalimat “Saya bersama dengan semua Buddha di sepuluh penjuru serta seribu Buddha dari Bhadrakalpa”, mencakup semua praktisi yang dari status orang awam hingga mencapai KeBuddhaan, oleh karena kekuatan samadhi pelafalan nama Buddha, maka akan memperoleh keberhasilan.   

Kalimat ini telah menjelaskan bahwa semua Buddha sedang melafal Amituofo, maka Master Ou Yi lebih memperjelas pada kita bahwa sepatah Amituofo ini adalah metode yang digunakan oleh Buddha Sakyamuni untuk mencapai KeBuddhaan di alam saha ini.

Buddha Sakyamuni mencapai KeBuddhaan di bawah Pohon Bodhi, dengan metode apa Beliau mencapai KeBuddhaan? Di dalam Amitabha Sutra, Buddha Sakyamuni sendiri yang memberitahukan kita, yakni dengan cara melafal Amituofo.  

Master Ou Yi memperjelas pernyataan ini kepada kita. Maka itu kita harus meneladani para Buddha, menyebarkan tekad Buddha Amitabha, kita harus membalas budi Buddha, bagaimana caranya? Yakni dengan menyempurnakan tekad agung para Buddha.

  
Petikan Ceramah Master Ren Shan
Judul : 48 Tekad Buddha Amitabha
5 September 2007




Catatan Tambahan :

Bhadrakalpa adalah kalpa yang penuh keberuntungan dimana akan muncul seribu Buddha. Saat kini kita tinggal pada masa Bhadrakalpa. Dari seribu Buddha yang telah muncul di dunia adalah :
1.     Krakucchanda  
2.     Kanakamuni  
3.     Kasyapa
4.     Sakyamuni

Sedangkan Buddha yang akan muncul di dunia kelak adalah
5. Maitreya
dan masih ada 995 Buddha lainnya yang akan muncul di dunia.






一切诸佛称叹阿弥陀佛,称叹念阿弥陀佛的众生,还有一个更重要的意思,一切诸佛都在念阿弥陀佛,怎么称叹阿弥陀佛?就是念阿弥陀佛。这个话佛说的,观佛三昧经里面,佛说,我与贤劫诸佛及十方一切诸佛,我与十方一切诸佛贤劫千佛,包括了从初发心到一切种智,就是从我们现在凡夫发心到圆成佛果,皆因念佛三昧力故,成就一切种智。这话就明白的说了,一切诸佛都在念佛,那么藕益大师在要解里面,弥陀要解更明白告诉我们,这一声阿弥陀佛是释迦牟尼佛在娑婆世界成佛用的方法,这个话前人没说过,藕益大师在要解里面为我们点出。

释迦牟尼佛在菩提树下成佛了,怎么成佛的,用的什么方法,弥陀经上告诉我们,佛自己说的,就是念阿弥陀佛。藕益大师在要解里面把这个话给我们说明了,所以这一愿显得特别殊胜。那么我们看到这一愿,应该学习的是效法诸佛如来,宣传弥陀本愿的精神,学佛同修常常讲报佛恩,报佛恩怎么报法?实在讲佛不需要我们为他做什么,如果我们要报佛恩只有一个方法,就是圆满诸佛的大愿。



摘自
(仁山法师讲于新加坡南海普陀山)
公元二千零七年九月五日
第四集